Diposkan pada Tur Studi Kewarganegaraan

Geopolitik dan Geostrategi Indonesia

Wah…

Dapet tugas lagi nih…, apa yang Anda ketahui tentang geopolitik dan geostrategi Indonesia dan bagaimana hubungan keduanya serta bagaimana visi dan konsepsi tersebut menghadapi globalisasi?

Yuk, tanya ke Pak Google, apa yang akan beliau temukan?

Ditemukan dalam Budi Mulyana’s Weblog bahwa istilah geopolitik pertama kali digunakan oleh Rudolf Kjéllen, seorang ahli politik dari Swedia pada tahun 1905. sebagai cabang dari geografi politik, geopolitik fokus pada perkembangan dan kebutuhan akan ruang bagi suatu negara. Geopolitik mengkombinasikan teorinya Friedrich Ratzel’s tentang perkembangan alami sebuah negara dengan Heartland Theory (teori kawasan inti) dari Sir Halford J. Mackinder’s untuk membenarkan praktek-praktek yang bersifat ekspansionis dari beberapa negara.

Sir Halford John Mackinder adalah ahli geography dari Inggris yang menulis paper pada tahun 1904 “The Geographical Pivot of History.” Dalam papernya Mackinder mengatakan bahwa menguasai Eastern Europe adalah perkara yang penting untuk menguasai dunia. Dia mengformulasikan hipothesisnya:

Who rules East Europe commands the Heartland
Who rules the Heartland commands the World-Island
Who rules the World-Island commands the world

Mackinder’s Heartland (juga disebut sebagai the Pivot Area) adalah daerah ini dari Eurasia, dan yang dimaksud dengan the World-Island adalah seluruh daerah Eurasia (Eropa dan Asia).

Didapat dari Malkian Elvani, A Wetpaint Site, Geostrategi merupakan strategi dalam memanfaatkan kondisi geografi negara untuk menentukan tujuan , kebijakan.
Geostrategi merupakan pemanfaatan lingkungan untuk mencapai tu-juan politik. Geostrategi juga merupakan metode mewujudkan cita-cita proklamasi.
Geostrategi juga untuk mewujudkan, mempertahankan integrasi bang-sa dlm masyarakat majemuk dan heterogin.

Masih Kurang nih bahannya, dilanjutkan nanti lagi, ini mau log-out dulu. Ada kelas Bahasa inggris sebentar lagi!!!

Daagh…sampai ketemu di tugas berikutnya. 😀

Penulis:

Arek Pacitan Asli; Suka Belajar; Suka Membaca; Suka Menulis; Jogging Tiap Selasa, Jumat dan Minggu; Elegan; Ramah; dan Bersahaja

20 tanggapan untuk “Geopolitik dan Geostrategi Indonesia

  1. akang….
    makasih banget dah nulis tentang geostrategi bahasanya gaul gethoo ^_^ jadi ngerti neh.
    jadi bisa ngerjain tugas pkn aku.ntar klo ad mslh lgi nanya ke akang yuuuuppz
    thx alot!!!!!!!!1

    Suka

  2. wah..artikel yg anda buat pas sekali buat referensi karena aq sedang ada tugas soal geopolitik&geostrategis!!!tp aq ada prtanyaan nih,,klo pandangan politik ttg geopolitik negara2 super power gmn???
    di tunggu jwbannya ya!!!

    Suka

Tinggalkan komentar