Diposkan pada Tur Studi Kesehatan

Bagaimana Menjaga Liver Agar Tetap Sehat

Menjaga kesehatan di tengah kesibukan yang menumpuk adalah prioritas yang seharusnya Anda lakukan. Tanpa sadar, liver Anda bekerja keras kian berat dan tiap hari. Baik karena pola hidup maupun pola makan yang tidak dapat sepenuhnya memenuhi standar konsumsi gizi seimbang. Liver merupakan organ penting yang membantu Anda dalam detoksifikasi, mengatur metabolisme tubuh dan membentuk  antibodi untuk sistem pertahanan tubuh.

Menjaga liver agar tetap sehat mulai dari sekarang, karena fungsinya yang sangat penting dan hanya ada 1 buah saja dalam tubuh kita ( seperti jantung).
Menjaga liver agar tetap sehat mulai dari sekarang, karena fungsinya yang sangat penting dan hanya ada satu buah saja dalam tubuh kita (seperti jantung).

Penyebab radang hati atau liver adalah:

  1. Pola hidup yang tidak sehat
    Aktivitas tinggi dan olahraga berlebihan tanpa diimbangi oleh istirahat dan pola tidur yang baik.
  2. Minum obat berlebihan
  3. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan higienis
  4. Minum alkohol berlebihan
  5. Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang

Mengenali gejala dan menjaga liver  tetap sehat:

  1. Mudah lelah dan lesu
  2. Mengalami depresi
  3. Nyeri di sisi kanan perut
  4. Nafsu makan hilang
  5. Mual, muntah, dan diare
  6. Warna kulit dan bola mata berwarna kekuningan atau bahkan kuning
  7. Kadang persendian terasa nyeri
  8. Air seni berwarna gelap, seperti air teh

Penyakit hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Jenis hepatitis yang sering dijumpai yakni hepatitis A, B, dan C. Hepatitis A bersifat akut dan jarang menjadi kronis. Sedangkan hepatitis B dan C termasuk penyakit hati yang kronis atau menahun yang dapat berlanjut menjadi sirosis dan kanker hati apabila tidak ditangani dengan baik. Banyak orang tak sadar kalau menderita hepatitis karena biasanya tanpa gejala pada awalnya. Pasien bisa menderita lebih dari satu jenis hepatitis dalam waktu bersamaan. Namun, ada juga yang terkena satu jenis hepatitis baru diikuti hepatitis yang lain. Radang hati atau liver yang disebabkan oleh virus Hepatitis A, B, dan C memiliki pravalensi tinggi di Indonesia, hasil penelitian menunjukkan 20 juta penduduk Indonesia terjangkit oleh hepatitis A, 20 juta lebih penduduk lainnya terkena hepatitis B, dan delapan juta lebih penduduk Indonesia mengidap hepatitis C.

Menjaga liver agar tetap  sehat adalah dengan mengonsumsi temulawak. Temulawak (Curcuma xanthorriza) yang berasal dari keluarga Zingiberaceae, banyak ditemukan di hutan-hutan tropis, termasuk di Indonesia. Dari segi kualitas, temulawak Indonesia termasuk paling baik, jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Rimpang temulawak mengandung curcumin yang berperan meningkatkan aktivitas enzim Gluthatione S-transferase (GST) serta keompok enzim Glutathione lain (Gs-x) dalam hati yang memiliki peranan penting sebagai detoksifikasi dan antioksidan. Temulawak atau Curcuma xanthorrizha  telah dikenal oleh Bangsa Indonesia sebagai tanaman herbal yang bermanfaat sejak dahulu.

DAFTAR PUSTAKA/SUMBER ONLINE

Penyakitliverdotcom. 2014. Menjaga Liver Agar Tetap Sehat, http://penyakitliver.com/menjaga-liver-agar-tetap-sehat/, (diakses 05 Januari 2015)

Iklan

Penulis:

Arek Pacitan Asli; Suka Belajar; Suka Membaca; Suka Menulis; Jogging Tiap Selasa, Jumat dan Minggu; Elegan; Ramah; dan Bersahaja

Satu tanggapan untuk “Bagaimana Menjaga Liver Agar Tetap Sehat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s