Diposkan pada Tur Studi Kesehatan

Makanan yang Bagus untuk Kulit

Wortel, bayam, biji-bijian, seledri, dark chocolate, paprika merah, teh hijau, salmon, pepaya,dan minyak kelapa adalah 10 jenis makanan yang bagus untuk kulit. Berikut ini kutipan langsung dari Bintang Online.

Berbagai makanan yang bagus untuk kulit.
Berbagai makanan yang bagus untuk kulit: Wortel, bayam, biji-bijian, seledri, dark chocolate, paprika merah, teh hijau, salmon, pepaya,dan minyak kelapa

TENTU, jika Anda mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Apa saja itu?

Laman Amerikanki membuatkan daftarnya.

1. Paprika merah
>> Mengandung karoten yang dapat membantu mencegah keriput dan melancarkan peredaran darah, menjadikan kulit terlihat muda. Paprika merah juga bagus untuk melawan jerawat.
>> Iris-iris memanjang, masukkan ke dalam wadah tertutup, simpan di kulkas. Anda akan punya camilan sehat yang siap disantap setiap kali merasa lapar.

2. Dark chocolate
>> Mengandung antioksidan, serta asam lemak dan flavanoid yang bisa membuat kulit nampak bersinar. Antioksidan juga dapat membantu memperbaiki kulit rusak dan memberi perlindungan terhadap sinar matahari.
>> Giling biji cokelat segar sehingga menjadi bubuk cokelat. Seduh dengan sedikit gula, minum setiap hari. Jika Anda menginginkan dark chocolate batangan, pilih yang kandungannya 80 persen untuk menghindari kelebihan susu dan gula.

3. Salmon
>> Bagus untuk melawan stres dan depresi penyebab kulit rusak. Kandungan vitamin D serta asam lemak Omega-3 juga bagus untuk mempertahankan keremajaan kulit, membantu melawan jerawat, keriput, serta kerusakan kulit lainnya. Manfaat lainnya adalah memberi kelembapan pada kulit kepala sehingga rambut kuat dan sehat.
>> Olah salmon dengan cara yang sehat dan jangan terlalu matang agar kesegarannya tetap terjaga.

4. Minyak kelapa
>> Merupakan salah satu sumber tertinggi asam jenuh yang bermanfaat untuk melawan bakteri serta virus penyebab infeksi. Kandungan asam lemak dan vitamin E pada minyak kelapa juga sempurna untuk mendapatkan kulit yang lembab, halus, dan bebas-keriput.
>> Minyak kelapa mentah bisa diminum sebanyak satu sendok makan setiap hari.

5. Teh hijau
>> Mengandung antioksidan dan asam amino yang unik serta L-teanin yang dapat membantu mengistirahatkan tubuh dan mengurangi stres.
>> Seduh teh hijau dengan air panas untuk memaksimalkan pengeluaran antioksidan yang dibutuhkan. Minum tiga cangkir setiap hari untuk hasil terbaik.

6. Bayam
>> Di balik rasanya yang biasa-biasa saja, bayam punya banyak kelebihan, antara lain kandungan zat besi, folat, klorofil, vitamin E, magnesium, vitamin A, serat, sumber protein nabati, dan vitamin C. Bayam dapat menghindarkan kita dari berbagai jenis gangguan kulit.
>> Tambahkan bayam pada menu harian Anda, lihat sendiri hasilnya.

7. Biji-bijian
>> Hampir semua jenis biji-bijian bagus untuk kesehatan kulit, seperti biji bunga matahari, biji labu, biji rami, atau biji chia. Kandungan selenium dan protein nabatinya dapat memerangi keriput. Sedangkan vitamin E memberi kelembapan pada kulit.
>> Taburi sedikit di atas salad, havermut, atau makanan apapun yang hendak Anda santap.

8. Seledri
>> Jenis sayuran yang sering dijadikan pelengkap ini memiliki kandungan vitamin K yang dapat menjaga sirkulasi darah tetap normal dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Sementara kandungan sodium, potasium, dan air dapat membantu mencegah dehidrasi.
>> Konsumsi sebagai bahan tambahan jus buah Anda di pagi hari.

9. Pepaya
>> Buah rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol ini bagus untuk melawan kerusakan kulit dan jerawat. Kandungan vitamin C dan E juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari.
>> Makan pepaya segar beberapa potong setiap hari.

10. Wortel
>> Tidak hanya bagus untuk mata, wortel juga bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin A pada wortel  dapat membantu mencegah produksi sel di luar kulit secara berlebih yang biasa menyebabkan penyumbatan pori. Wortel juga dapat menurunkan risiko kanker kulit.
>> Makan mentah sebagai camilan.

Tip:
Anda tidak perlu mengonsumsi semuanya setiap hari. Boleh saja sebagian atau secara bergantian. Hasil akan lebih maksimal jika Anda juga mengurangi (atau bahkan tidak sama sekali) konsumsi makanan cepat saji, gula, dan karbohidrat berlebih.

DAFTAR PUSTAKA/SUMBER ONLINE

Bintang Online/Wida Kriswanti. 2014. 10 Jenis Makanan untuk Kulit Cantik, http://www.tabloidbintang.com/articles/gaya-hidup/cantik-sehat/5618-10-jenis-makanan-untuk-kulit-cantik, (diakses 31 Maret 2014)

SUMBER GAMBAR

MBI Group Files/Istimewa. 2014. Berbagai makanan yang bagus untuk kulit, http://media.mbigroup.co.id/files/large/d00f4bac0e4aae192647b3ded6debfcb.jpg, (diakses 31 Maret 2014)

Iklan

Penulis:

Arek Pacitan Asli; Suka Belajar; Suka Membaca; Suka Menulis; Jogging Tiap Selasa, Jumat dan Minggu; Elegan; Ramah; dan Bersahaja

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s