Diposkan pada Tur Studi Kesehatan

5 Jenis Makanan yang Bisa Picu Kambuhnya Migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain bisa dipicu oleh berbagai faktor, seperti bau menyengat dan panas. Beberapa makanan dengan kandungan tertentu ternyata juga bisa ‘memancing’ kambuhnya migrain. Apa saja?

Migrain adalah sakit kepala berdenyut dan seringkali terjadi hanya pada satu sisi kepala. Gejala migrain dapat bervariasi pada masing-masing orang dan juga dapat bervariasi dari satu serangan ke serangan berikutnya.

Dalam kebanyakan kasus, penderita migrain merasakan sakit berdenyut di salah satu sisi kepala (kadang-kadang menyebar ke kedua bagian kepala), dan biasanya disertai dengan mual atau muntah. Sebagian kecil penderita juga merasakan aura zigzag, lingkaran cahaya atau penglihatan kabur sebelum serangan datang.

Meskipun penyebab pasti migrain masih dalam perdebatan, tapi sebagian besar peneliti tampaknya setuju bahwa migrain disebabkan oleh penurunan aliran darah ke sel otak. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan penyempitan arteri, yang dipicu oleh faktor eksternal tertentu.

Penyebabnya ada berbagai macam, salah satunya adalah makanan. Berikut 5 jenis makanan yang bisa memicu kambuhnya migrain, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (9/1/2014):

1. Keju

Keju mengandung asam amino yang disebut tyramine, yang telah dikaitkan dengan berbagai jenis sakit kepala, terutama migrain. Tyramine terbentuk dari pemecahan protein dalam makanan tertentu. Umumnya, semakin tinggi usia protein makanan, semakin besar konten tyramine.

Karena variasi dalam pengolahan, fermentasi atau penuaan keju yang berbeda, jumlah tyramine mungkin berbeda pada setiap keju. Makanan lain yang tinggi tyramine adalah anggur merah, ikan asap, daging olahan, acar, kacang tertentu seperti lima, alpukat dan kacang-kacangan.

2. Makanan mengandung zat aditif

Aditif seperti natrium nitrit atau natrium nitrat digunakan sebagai pengawet, pewarna dan aroma dalam makanan seperti hot dog, bacon, salami, sosis dan daging olahan lainnya.

Aditif ini dapat melebarkan pembuluh darah menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Sakit kepala disebabkan oleh aditif biasanya dirasakan di kedua sisi kepala.

3. Makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG)

Monosodium glutamat adalah aditif makanan atau penambah rasa yang ditemukan di kecap, pelunak daging dan banyak makanan kemasan. Sakit kepala yang disebabkan oleh MSG dapat terjadi dalam waktu 20 sampai 30 menit setelah dikonsumsi dan dapat menimbulkan gejala seperti tekanan di dada, pusing, sakit kepala di bagian depan atau sisi kepala, perut tidak nyaman atau sensasi terbakar di leher, dada atau bahu.

4. Makanan dingin

Makan atau minum sesuatu yang terlalu dingin dapat menyebabkan sakit kepala yang biasanya berlangsung selama kurang dari lima menit. Sebelumnya juga dikenal sebagai ‘pembekuan otak’ atau sakit kepala es krim. Rasa sakit pada sakit kepala jenis ini biasanya dirasakan di tengah dahi.

Lebih dari 90 persen penderita migrain melaporkan kepekaan terhadap es krim dan perlu berhati-hati dengan makanan dan minuman yang dingin.

5. Makanan lain

Beberapa penderita sakit kepala juga melaporkan makanan lain yang dapat memicu sakit kepala, seperti bawang, pisang, buah jeruk, cokelat, aspartam dan pemanis buatan lainnya.

Beberapa makanan yang menyebabkan migrain biasanya mengandung senyawa kimia yang disebut tiramin. Tiramin adalah komposisi dominan dalam buah pisang. Oleh karena itu, pisang dianggap pemicu kuat untuk sakit kepala, terutama migrain.

Konsentrasi tinggi tiramin dalam darah pasien migrain bisa menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) pembuluh darah di otak. Selain itu, orang dengan migrain tampaknya juga kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk memecah tiramin.

Buah lain yang terkait dengan peningkatan frekuensi migrain antara lain pepaya, plum merah, kismis, buah ara dan alpukat matang. Sedangkan sayuran yang sering memicu migrain antara lain kacang polong, bawang merah, bawang putih, kacang panjang, buah zaitun, acar dan asinan kubis.

 

DAFTAR PUSTAKA/SUMBER ONLINE

detikHealth/Merry Wahyuningsih. 2014. 5 Jenis Makanan yang Bisa Picu Kambuhnya Migrain, http://health.detik.com/, (diakses 29 Maret 2014)

Iklan

Penulis:

Arek Pacitan Asli; Suka Belajar; Suka Membaca; Suka Menulis; Jogging Tiap Selasa, Jumat dan Minggu; Elegan; Ramah; dan Bersahaja

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s