Diposkan pada Tur Studi Akuntansi

BAB 13. AUDIT SIKLUS PENJUALAN DAN PENAGIHAN: TES PENGAWASAN DAN TES SUBSTANTIF TRANSAKSI

REKENING DAN PENGGOLONGAN TRANSAKSI DALAM SIKLUS PENJUALAN DAN PENAGIHAN

Lima golongan transaksi di dalam siklus penjualan dan penagihan:

  1. Penjualan (tunai dan kredit)
  2. Penerimaan kas
  3. Retur penjualan dan potongan
  4. Penghapusan piutang yang tidak tertagih
  5. Memperkirakan piutang tak tertagih

FUNGSI BISNIS DI SIKLUS PENJUALAN DAN PENAGIHAN, CATATAN SERTA DOKUMEN YANG TERKAIT

Siklus penjualan dan penagihan berkaitan dengan keputusan dan proses penting dalam pemindahan kepemilikan barang-barang dan jasa kepada pelanggan setelah keduanya tersedia untuk dijual. Dimulai dari permintaan pelanggan dan berakhir dengan konversi barang-barang atau jasa tersebut ke dalam rekening piutang, dan akhirnya ke dalam uang tunai.

  1. 1. Memroses pesanan pelanggan

Pesanan barang dari pelanggan adalah titik awal dari keseluruhan siklus. Menurut hukum, ini adalah penawaran untuk membeli barang dengan ketentuan tertentu. Penerimaan pesanan pelangan sering mengakibatkan terjadinya pesanan penjualan.

Pesanan Pelanggan

Permintaan dari pelanggan. Mungkin saja pesanan itu diterima lewat telepon, surat, formulir yang dikirim ke calon pembeli atau pelanggan, dikirim melalui tenaga penjualan, atau dikirim secara elektronik melalui internet atau jaringan lainnya antara penyalur dan pelanggan.

Pesanan penjualan

Sebuah dokumen yang berisi uraian-uraian tentang barang, kuantitas dan informasi yang berhubungan dengan barang yang dipesan oleh pelanggan. Dokumen sering digunakan untuk menandai persetujuan kredit dan otorisasi pengiriman.

Persetujuan Kredit

Sebelum barang dikirim, orang yang mengotorisasi rekening penjualan terlebih dahulu harus menyetujui kredit untuk pelanggan. Kelemahan sering terjadi dalam persetujuan kredit sehinga mengakibatkan piutang membengkak dan piutang jadi tak tertagih. Indikasi dari persetujuan kredit pada pesanan penjualan juga sebagai persetujuan untuk pengiriman barang. Pada beberapa perusahaan, komputer secara otomatis akan menyetujui kredit penjualan yang didasarkan pada batas kredit yang ada di dalam data pelanggan.

  1. 2. Pengiriman Barang

Fungsi  penting ini adalah titik awal dari siklus mana aset perusahaan dikelola. Sebagian besar perusahaan mengetahui adanya penjualan ketika barang dikirim. Dokumen pengiriman disiapkan ketika barang akan dikirim, hal ini bisa dilakukan secara otomatis oleh computer yang digunakan sebagai pengolah data pesanan pelanggan. Dokumen pengiriman pada dasarnya adalah daftar pengiriman barang kepada pelanggan, isinya seringkali berupa beberapa lembar salinan daftar barang yang dikirim. Perusahaan seperti ini harus terus-menerus menjaga dan juga memperbaharui berkas catatannya dengan didasarkan pada informasi pengiriman.

Dokumen Pengiriman

Dokumen yang dipersiapkan untuk pengiriman barang berisi tentang deskripsi barang yang dijual, kuantitas pengiriman dan data lain yang relevan. Yang asli dikirim kepada pelanggan dan salinannya disimpan. Hal ini digunakan sebagai bukti untuk menagih pelanggan. Salah satu jenis dokumen daftar pengiriman barang yang merupakan kontrak tertulis antara jasa pengangkutan dan penjual dalam bentuk barang-barang yang dikirimnya. Daftar pengiriman barang seringkali hanya berupa jumlah kotak atau ukuran berat barang, bukan deskripsi detil benda dan kuantitas.

  1. 3. Tagihan kepada Pelanggan dan Pembukuan Penjualan

Karena tagihan kepada pelanggan adalah cara dimana pelanggan diberitahukan tentang jumlah yang harus dibayar untuk barang yang dibelinya, maka tagihan harus dibuat dengan tepat dan berdasarkan waktu yang tepat. Aspek penting dari tagihan adalah memastikan bahwa semua pengiriman dibuat telah ditagih, tidak boleh ada pengiriman yang ditagih lebih dari sekali, dan setiap tagihan sesuai jumlahnya. Tagihan dengan jumlah yang tepat tergantung pada jumlah yang harus dibayar pelanggan sesuai dengan kuantitas barang yang dikirim dengan harga yang disetujui. Harga yang disepakati termasuk di dalamnya biaya pengiriman, asuransi dan cara pembayarannya.

Di dalam kebanyakan sistem, tagihan kepada pelanggan meliputi mempersiapkan beberapa salinan faktur penjualan dan secara bersamaan memperbaharui data transaksi penjualan, data rekening piutang, data jurnal buku besar untuk penjualan dan rekening piutang. Informasi ini dapat digunakan untuk membuat jurnal

Faktur Penjualan

Dokumen yang berisi deskripsi dan kuantitas barang yang terjual, harga, biaya pengiriman, asuransi dan berbagai data relevan lainnya. Faktur penjualan adalah metode untuk menentukan jumlah barang yang dijual dan kapan waktu jatuh tempo pembayaran untuk pelanggan, dan salinanya disimpan. Dalam keadaan tertentu, faktur penjualan secara otomatis disiapkan oleh komputer setelah nomor pelanggan, kuantitas, alamat barang yang dikirim dan data penjualan lainnya dimasukkan ke komputer. Komputer mengkalkulasi isi faktur dan total jumlah penjualan dengan mengunakan informasi yang dimasukkan bersama dengan harga yang tertera pada file induk persediaan barang.

DAFTAR PUSTAKA

Iklan

Penulis:

Arek Pacitan Asli; Suka Belajar; Suka Membaca; Suka Menulis; Jogging Tiap Selasa, Jumat dan Minggu; Elegan; Ramah; dan Bersahaja

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s